drg. Mira Madjid, MPH, SpPerio | ethicaldigest

drg. Mira Madjid, MPH, SpPerio

Penyakit gigi bukan hanya gigi berlubang. “Ada penyakit yang dapat menginfeksi pondasi gigi yaitu gusi,” jelas drg. Mira Madjid, MPH, SpPerio. Ia tertarik mendalami bidang periodontologi karena ingin mengedukasi masyarakat. Seperti membangun sebuah rumah, yang penting dan tak bisa diabaikan adalah membangun pondasi yang kuat. Demian halnya dengan gigi; gusi harus kuat.

Salah satu penyakit gusi yang dianggap remeh oleh masyarakat adalah gusi berdarah. “Meski tidak sakit, gusi berdarah dapat menjadi tanda bahwa ada masalah pada gusi. Kondisi ini harus segera mendapat penanganan yang tepat.” 

Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia ini rutin melakukan yoga sudah sekitar 7 tahun. “Saya melakukan yoga 5 kali seminggu. Kurang lebih sekitar 1,5 jam setiap pagi, sebelum beraktivitas,” paparnya.

Baginya, yoga sangat membantu aktivitas perkerjaannya sebagai dokter gigi. Selain itu, gerakan-gerakan yoga membuat badan terasa fit, yoga mampu membuat apa yang dilakukan lebih fokus dan tenang. “Dokter gigi menangani 8 -10 pasien sehari sudah teler, karena satu pasien untuk tindakan dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam,” paparnya.

Lahir di Jakarta, 26 November 1979, sebagai seorang ibu pagi hari ia juga disibukkan dengan mengurus anak, mulai dari sarapan, menyiapkan bekal anak makanan hingga mengantar mereka ke sekolah. Untuk menjaga kesehatan, ibu 2 anak ini sejak beberapa tahun lalu tidak mengkonsumsi daging merah. “Bukan vegetarian total. Saya masih makan seafood, memperbanyak konsumsi buah dan sayur serta banyak makan tempe tahu.”

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.