Piala Dunia 2014 Angin Segar Penderita Parapelgik | ethicaldigest

Piala Dunia 2014 Angin Segar Penderita Parapelgik

Pembukaan Piala Dunia 2014, merupakan momen istimewa. Bukan hanya bagi pencinta sepak bola, tapi juga bagi dunia kedokteran. Kick off pertama dilakukan oleh Juliano Pinto, seorang penderita paraplegik berusia 29 tahun, dengan bantuan eksoskeleton robotik yang dikendalikan hanya melalui pikiran.

“Setelan” robotik yang tidak biasa ini adalah hasil karya 150 ilmuwan yang dipimpin Miguel Nicolelis, ilmuwan Brazil dari Duke University. Perangkat robot ini bekerja dengan membaca sinyal-sinyal neural dari otak yang ditangkap oleh topi, yang mengandung sensor. Sinyal kemudian disandikan dan memerintahkan kaki hidrolik untuk bergerak dan menciptakan kick-off historis tersebut. Alat juga dilengkapi dengan baterai yang dapat dijadikan sumber energi selama dua jam.

Perangkat Bra-Santos Dumont ini dilengkapi kulit artifisial di bagian telapak kaki, yang mengandung sensor terhadap tekanan, suhu, dan kecepatan. Kulit buatan ini akan menghantarkan getaran saat kaki robot menyentuh tanah, sehingga penggunanya dapat merasakan rangsang taktil saat berjalan menggunakan setelan ini. Dengan demikian, tendangan-tendangan yang dihasilkan diharapkan lebih akurat dan memberikan sensasi bermain bola, layaknya orang yang normal.

Meski eksoskeleton ini tidak dapat membuat penderita paraplegik bisa bermain bola layaknya Lionel Messi, temuan ini dapat menjadi harapan bagi para pemain sepak bola yang kehilangan kaki. Demonstrasi yang dilakukan pada pembukaan Piala Dunia 2014, adalah yang pertama kali dilakukan oleh Nicolelis dkk di luar ruangan. Saat ini, dr. Nicolelis sedang melatih 8 pasien paraplegik berusia 20 - 35 tahun.

Penamaan Bra-Santos Dumont, berasal dari gabungan nama negara pembuat yaitu Brazil dan nama pelopor aviasi dari Brazil, Alberto Santos-Dumont.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.